Translate

Sabtu, 02 Maret 2013

5 Pesawat Angkut Khusus Terbesar


5 Pesawat Angkut Khusus Terbesar


[UNIKNYA.COM]: Pesawat angkut atau pesawat kargo adalah pesawat yang digunakan untuk pengangkutan barang atau komoditi lainnya. Pada umumnya pengangkutan kargo dilakukan dijadikan satu dengan pesawat penumpang sipil. Namun dalam perkembangannya, seiring dengan kebutuhan pengiriman paket atau kargo yang lebih cepat maka diadakan pesawat angkut sendiri yang sering dinamakan dengan freighter karena besarnya permintaan arus barang dan jasa dalam perdagangan.
Berikut 5 pesawat angkut sipil  khusus terbesar yang pernah dibuat:

1. Antonov An-225 Mriya
Antonov An-225 Mriya merupakan pesawat terbesar kedua didunia yang dibuat oleh Perusahaan Antonov. Nama belakang pesawat ini Мрія (Mriya) yang dalam bahasa Ukraina berarti Mimpi atau Inspirasi.
Dahulu pesawat ini digunakan untuk mengangkut pesawat ulang alik Buran menggantikan Myasishchev VM-T. Namun seiring dengan bubarnya Uni Soviet pada tahun 1991 dan proyek Buran yang tidak dilanjutkan lagi tahun 1993 pesawat ini terpaksa tidak beroperasi (tidak tampak) selama hampir 8 tahun. Pada tahun 2001, pesawat ini kembali dioperasikan dengan menjadi pengangkut berat yang bernomor penerbangan UR-82060 (yang sebelumnya СССР-82060) sampai sekarang.
Sebenarnya, pesawat ini akan dibuat dua unit. Namun hanya satu yang selesai dan digunakan (UR-82060), sedangkan yang kedua dijadwalkan rampung pada tahun 2008 lalu ditunda. Sampai Agustus 2009, pesawat kedua tidak rampung juga dan pengerjaannya telah ditinggalkan.
(Sumber:wordpress.com)
2. Antonov An-124 Ruslan
Antonov An-124 Ruslan adalah pesawat terbang terbesar yang pernah diproduksi sampai Airbus A380 diproduksi. An-225 Mriya, merupakan pengembangan desain dari pesawat Antonov ini. An-124 adalah Pesawat kedua terbesar di dunia serial produksi pesawat kargo dan ketiga terbesar di dunia operasi pesawat kargo, nomer satu adalah Antonov An-225 (varian besar dari An-124) dan Boeing 747-8F.Pertama diterbangkan pada tahun 1982, sertifikasi sipil dikeluarkan pada tanggal 30 Desember 1992 Sebanyak 40 dalam pelayanan (26 model sipil dengan maskapai penerbangan dan 10 pesanan perusahaan per Agustus 2006) dan 20 berada di penggunaan komersial pada tahun 1998 di Ukraina, Rusia, Uni Emirat Arab dan Libya.
(Sumber:wordpress.com)


3. Boeing 747 Large Cargo Freighter
Boeing 747 Large Cargo Freighter (LCF) atau Dreamlifter adalah pesawat kargo berbadan lebar dan kargo loader terpanjang dunia.Dibangun oleh perubahan drastis yang ada Boeing 747-400 , digunakan khusus untuk mengangkut bagian pesawat Boeing dari pemasok di seluruh dunia.
Boeing Commercial Airplanes mengumumkan pada tanggal 13 Oktober 2003, karena lamanya waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman barang dari darat dan pelayaran laut , angkutan udara adalah metode utama mengangkut suku cadang untuk Boeing 787Dreamliner(kemudian dikenal sebagai 7E7). Awalnya tiga penumpang pesawat 747-400 yang digunakan itu harus diubah menjadi konfigurasi outsize untuk feri sub-rakitan dari Jepang dan Italia untuk North Charleston, South Carolina dan kemudian keWashington untuk perakitan akhir, tetapi keempat kemudian ditambahkan ke program. Large Cargo Freighter memiliki pesawat menonjol mirip dalam konsep ke Super Guppy dan Airbus beluga, yang juga digunakan untuk mengangkut sayap dan bagian pesawat. Hal ini dapat menggelar tiga kali volume-400F dari pesawat barang 747.
(Sumber:wordpress.com)


4. Airbus A-300 Beluga 
Airbus A300-600ST (Super Transporter) atau Beluga adalah versi dari A300-600 pesawat terbang berbadan besar standar yang dimodifikasi untuk mengangkut bagian-bagian perlengkapan pesawat terbang dan kargo yang kelebihan beban. Pertama kali dinamakanSuper Transporter, namun pada akhirnya nama Beluga menjadi populer dan sekarang digunakan secara resmi.
(Sumber:wordpress.com)




5. Aero Spacelines Super Guppy
Aero Spacelines Super Guppy adalah pesawat kargo besar, berbadan lebar yang digunakan untuk mengangkut komponen kargo. Pesawat ini adalah pesawat kargo yang dikembangkan dari Pregnant Guppy, yang pertama dari pesawat Guppy diproduksi oleh Spacelines Aero. Lima dibangun dalam dua varian.(**)

(Sumber:wordpress.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates | Affiliate Network Reviews
Electro